2 Cara Menonaktifkan TalkBack di HP Android - PnB Official
Blogger Jateng

2 Cara Menonaktifkan TalkBack di HP Android

Pnbtutor.id - Masalah ini pernah admin alami sendiri, saat ingin membuka aplikasi dan sentuh layar tiba-tiba begetar dan mengeluarkan suara. Apa sih penyebab dan cara mengatasinya?

Setelah admin cari informasi dari berbagai sumber. Penyebab hp android begetar dan mengeluarkan suara saat sentuh layar, karena tidak sengaja mengaktifkan fitur Talkback.

Fungsi dari Talkback itu sendiri adalah untuk memberikan respon lisan dan menjelaskan apa yang kita sentuh dan menggeser layar pada ponsel android. Fitur ini diprioritaskan bagi pengguna tunanetra dan rabun.

Misalnya kita ingin membuka menu Setting. Saat fitur talkback aktif, maka sistem android akan menyebutkan menu Setting secara lisan.

Cara Menonaktifkan TalkBack di Android

Beberapa pengguna mungkin belum terbiasa dengan fitur ini, karena sedikit sulit untuk digunakan. Apabila tidak sengaja kamu aktifkan fitur ini, ada 2 cara untuk menonaktifkannya yaitu melalui tombol samping dan menu pengaturan.

Di sini sudah admin lakukan percobaan di tiga hp Android yang berbeda seperti Samsung, ASUS dan Xiaomi caranya sama saja. Simak langkah berikut:

1. Menggunakan tombol samping.

Tombol samping pada hp android memiliki banyak fungsi, selain bisa kamu gunakan untuk membesar dan mengecilkan suara hp, tombol samping juga bisa kamu gunakan untuk menonaktifakan Talkback di Android.

  • Tekan dan tahan tombol Volume bawah dan Volume atas secara bersamaan beberapa detik, sampai muncul tulisan di bawah layar "Tallback dinonaktifkan"

2. Melalui Menu Pengaturan

Cara ini sedikit sulit karena pengguna harus masuk ke menu pengaturan hp Android. Jika kamu berhasil masuk pengaturan simak langkah berikut:

  • Masuk menu Pengaturan.
  • Pilih Aksesibilitas.
  • Pilih Talkback.
  • Terakhir pilih nonaktifkan.

Di menu pengaturan Talkback sudah ada panduan cara menggunakan fitur tersebut, tapi karena kondisi yang tidak memungkinkan, pasti panik duluan hp Android tiba-tiba mengeluarkan suara sendiri saat membuka aplikasi dan menggeser layar.

Demikian pembahasan singkat ini mengenai cara menonaktifkan Talkback yang aktif sendiri di hp android. Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "2 Cara Menonaktifkan TalkBack di HP Android"