Cara Mengetahui WhatsApp Disadap dan Cara Mengatasinya - PnB Official
Blogger Jateng

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap dan Cara Mengatasinya

Pnbtutor.id - WhatsApp merupakan aplikasi chatting popupler hingga saat ini dengan akses pengguna terbanyak di dunia. Walaupun aplikasi WhatsApp sudah terjamin keamanannya, ternyata masih ada saja orang yang ingin menyadap WhatsApp seseorang.

Sejatinya WhatsApp itu tidak se seamless Telegram, Facebook atau media sosial lainnya, disaat ingin login antar perangkat yang diperlukan nomor handphone atau email dan memasukan kode OTP.

Sedangkan WhatsApp Web hanya membutuhkan scan kode QR disaat ingin login antar perangkat. Kebanyakan orang menyadap WhatsApp dengan cara tersebut.

Sudah banyak kejadian ini bertebaran di TikTok, padahal itu hanyalah login melalui WhatsApp Web. Penyadap WhatsApp Web biasanya dilakukan oleh teman, pacar, atau saudara sendiri.

Ciri-Ciri WhatsApp Disadap

Walaupun perangkat kamu jauh dari perangkat penyadap, mereka masih bisa membuka WhatsApp kamu selagi ponsel yang digunakan terhubung dengan jaringan internet. Karena pilihan "tetap masuk" dicentang.

Kecuali disaat scan barcode pilihan "tetap masuk" tidak dicentang, WhatsApp Web tidak digunakan beberapa menit saja secara otomatis WhatsApp Web akan keluar sendiri. Berikut ini ciri-ciri WhatApps disadap:

  1. Pesan masuk terbaca sendiri. Kalau kamu merasa ada yang aneh, misal chat dari teman atau saudara kamu notifikasinya sudah hilang sendiri. Coba perhatikan secara seksama jika masih terjadi berulang bisa jadi bisa jadi ini salah satu ciri - ciri WhatApps kamu disadap.
  2. Mengirim Pesan Tanpa Sepengetahuan Pengguna. Jika kamu tidak pernah merasa mengirim pesan tersebut kemungkinan sama dengan ciri-ciri poin satu diatas, Whatsapp kamu sedang disadap orang lain dari jarak jauh.
  3. Terdapat Notifikasi Masuk ke Prangkat lain. Nah.. yang satu ini kalau misal ada notifikasi di ponsel kamu, "masuk ke WhatsApp baru-baru ini" sudah dipastikan WhatsApp kamu sedang dibajak atau disadap melalui WhatsApp Web.

Cara Mengatasi WhatsApp Disadap

Jika kamu merasa ada yang aneh dengan WhatsApp yang kamu gunakan, segera lakukan Log Out dengan cara berikut ini. WhatsApp web bukan hanya bisa login di laptop saja, tetapi di perangkat hp pun bisa.

Begini cara log out WhatsApp Web:

  • Buka WhatsApp di hp.
  • Di sisi kanan paling atas pilih ikon
  • Ada beberapa pilihan, pilih Perangkat tertaut.
  • Jika terdapat sebuah atau beberapa browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox, berarti WhatsApp kamu sedang disadap atau dibajak di perangkat lain.
  • Log out semua perangkat yang terhubung, pilih browser yang digunakan.
  • Lalu pilih bagian pojok kanan atas.
  • Pilih Hapus perangkat.
  • Terakhir pilih Hapus.

Agar WhatsApp kamu tidak ingin disadap atau bajak orang terdekat, selalu aktifkan keamanan "Kunci Sidik Jari". Disaat orang lain ingin scan barcode WhatsApp kamu, mereka harus membuka keamanan kunci sidik jari terlebih dahulu.

Tetap berhati-hati dalam menggunakan media sosial, kerena pelaku kejahatan bisa terjadi disekitar Anda, baik itu teman kamu sendiri, pacar atau saudara kamu. Semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui WhatsApp Disadap dan Cara Mengatasinya"