Cara Membuat Partisi di Windows 11 Tanpa Install Ulang - PnB Official
Blogger Jateng

Cara Membuat Partisi di Windows 11 Tanpa Install Ulang

Pnbtutor.id - Membuat partisi baru di Windows 11 bisa dilakukan dengan mudah. Pengguna perlu mengetahuinya agar lebih mudah memisahkan antara file sistem dan dokumen pribadi.

Saat membeli laptop baru, mungkin kalian pernah mengalami masalah ini. Di mana laptop yang digunakan hanya ada satu partisi saja yaitu drive C. Sedangkan drive D tidak terbaca di Windows explorer.

Agar drive D bisa terbaca Windows explorer dan digunakan untuk menyimpan file seperti gambar, video, mp3, software atau dokumen penting lainnya, kalian perlu membuat partisi baru dan membaginya dari partisi C.

Dengan adanya drive D kalian enggak perlu khawatir lagi saat install ulang Windows, karena file yang sudah kalian simpan tidak ikut terhapus.

Simak langkah berikut cara membagi partisi di Windows 11.

  1. Klik Start.
  2. Lalu ketik Partitions.
  3. Pilih Create and format hard disk partitions. Maka akan terbuka tampilan Disk Management.
  4. Cara Membuat Partisi di Windows 11
  5. Selanjutnya kita akan membuat partisi baru dengan cara membagi kapasitas dari partisi C. Klik kanan pada drive C. Lalu pilih Shrink volume.
  6. Cara Membuat Partisi di Windows 11
  7. Tentukan berapa GB kapasitas drive C yang akan kalian bagi atau kurangi. Karena satuannya MB maka di X 1000.
  8. Misal kita akan membagi kapasitas drive C 100 GB kita kali kan (X) 1000=100000. atau 200 GB X 1000=200000 dan seterusnya.
  9. Maka isikan pada bagian Enter the amount of space to shrink in MB 100000 untuk kapasitas 100 GB. Lalu pilih Shrink.
  10. Cara Membuat Partisi di Windows 11
  11. Sampai tahap ini kalian sudah berhasil membuat partisi baru di Windows 11 dengan nama Unallocated. Namun, partisi tersebut belum terbaca di Windows explorer.
  12. Untuk itu kita akan mengaktifkan dengan memberi nama Data D atau sesuai dengan nama yang kalian inginkan. Klik kanan pada drive Unallocated. Lalu pilih New simple volume.
  13. Cara Membuat Partisi di Windows 11
  14. Lalu pilih Next.
  15. Karena di sini admin contohkan membagi kapasitas partisi C hanya 100 GB, jadi pada tahap ini admin tidak mengubah nilainya. Karena 100 GB sudah cukup untuk menyimpan file dan dokumen penting.
  16. Apabila kamu ingin membagi partisi Unallocated untuk beberapa partisi. Silahkan ubah pada bagian Simple volume size MB. Disesuaikan aja. Lalu pilih Next.
  17. Cara Membuat Partisi di Windows 11
  18. Langkah berikutnya kita akan memberi nama dan letak partisi Unllocated menjadi Data D atau sesuai dengan keinginan kalian.
  19. Assign the following drive letter : letak partisi D, E atau F di sesuaikan saja. Setalh itu pilih Next.
  20. Cara Membuat Partisi di Windows 11
  21. Langkah selanjutnya kita akan mengubah nama drive yang dipilih dengan nama Data atau Local Disk. Disesuaikan saja.
  22. Cukup ubah pada bagian Volume label. Pengaturan yang lain biarkan saja. Lalu pilih Next lagi.
  23. Cara Membuat Partisi di Windows 11
  24. Terakhir Finish.

Cara Membuat Partisi di Windows 11

Sekarang cek Windows explorer laptop yang kalian gunakan, apabila drive D sudah terbaca. Maka kalian sudah berhasil membagi partisi C di Windows 11 tanpa harus install ulang Windows terlebih dahulu.

Kenapa kita perlu membuat partisi baru walaupun sebenarnya partisi C sudah bisa untuk menyimpan file dan dokumen penting? Disaat laptop yang digunakan tiba-tiba mengalami kendala error atau kerusakan pada system.

Tentu langkah yang akan kita lakukan adalah install ulang Windows. Dengan adanya Drive D, kita tidak perlu khawatir lagi untuk install ulang Windows. Karena tidak menghapus data yang tersimpan di Drive D.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Partisi di Windows 11 Tanpa Install Ulang"