Skip to main content

follow us

Cara Membuat Bootable Windows di Flashdisk (Windows 7, 8, 10 dan 11)

Pnbtutor.id - Flashdisk merupakan media penyimpanan portable yang dapat digunakan untuk menyimpan data, file dan dokumen penting lainnya. Selain itu, flashdisk juga bisa kita gunakan untuk media penyimpanan di perangkat Android atau iPhone jika memori eksternal ponsel kita tidak cukup ruang untuk menyimpan file berukuran besar.

Flashdisk memiliki ukuran yang kecil sehingga bisa kita bawa kemana saja, flashdisk juga memiliki fungsi yang bisa kita gunakan untuk install ulang windows jika laptop kita tidak memiliki DVD ROM.

jika laptop atau komputer yang kamu gunakan tidak memiliki DVD ROM atau DVD ROM kamu rusak, kamu masih dapat menggunakan cara alternatif untuk menginstal ulang Windows dengan membuat bootable Windows pada flashdisk.

Emangnya bisa install ulang Windows dengan Flashdisk? bisa dong... dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti PowerISO, kamu bisa install ulang Windows dengan membuat Bootable Windows di Flashdisk dengan mudah dan cepat.

Persiapan

Sebelum kita lanjut ke langkah-langkah membuat Bootable Windows di Flashdisk. Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan:

1. Flashdisk

Pastikan flashdisk yang kamu gunakan sudah di Format terlebih dahulu. Minimal berkapasitas 4GB tergantung size Windows yang kamu gunakan. Lebih besar lebih bagus.

2. File ISO Windows

Sudah memiliki file ISO Windows baik itu Windows 7, Windows 8, Windows 10 maupun Windows 11. Kamu bisa download di situs resmi Microsoft atau bisa juga download File ISO Windows di situs download Software, seperti KhuyaA atau Bagas31.

3. PowerISO

Software ini wajib, karna akan kita gunakan untuk membaut Bootable Windows di Flashdisk. Download dan install software tersebut.

Cara Membuat Bootable Windows di Flashdisk

Setelah kamu mempersiapkan semuanya, langkah selanjutnya adalah membuat bootable Windows di Flashdisk. Simak langkah-langkah berikut ini:

  • Buka PowerISO lalu pilih Tools.
  • Pilih Create bootable USB drive lalu pilih OK.
  • Img file pilih File ISO Windows.
  • Destination USB drive, pilih letak Flashdisk local disk E atau F
  • Pada menu setting, write method pilih USB - HDD dan file system pilih FAT32, jika file ISO lebih dari 4gb filih NTFS.
  • Lalu pilih Start, pilih lagi Ok
  • Tunggu hingga proses selesai.

Jika sudah selesai, flashdisk tersebut sudah bisa digunakan untuk install ulang Windows, baik itu windows 7, windows 8, windows 10 maupun windows 11. Selamat mencoba

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar