Skip to main content

follow us

5 Cara Install Custom ROM Android Via TWRP

Pnbtutor - Kamu ingin flash atau install custom ROM android ?, sebelumnya kamu pahami dahulu apa itu custom ROM. Custom ROM merupakan ROM atau firmware berbasis sistem operasi android yang sudah dimodifikasi dan kustomisasi oleh developer dengan tujuan memberikan perfoma lebih baik dari rom atau firmware bawaan pabrik.

Dengan menginstall custom ROM di ponsel android akan memiliki beberapa manfaat dan fitur tambahan yang tidak ada di ROM atau firmware bawaan android kamu. Misalnya, bisa menghapus bloatware, pembaruan versi android lebih cepat, memaksimalkan perfoma dan kinerja baterai ponsel android kamu.

Persiapan Install Custom ROM

Sebelum menginstall custom ROM di smartphone android, ada beberapa syarat yang wajib kamu persiapkan. Untuk persiapan saya tidak akan menjelaskan secara detail karena setiap smartphone android memiliki cara yang berbeda. Nanti saya buatkan artikelnya secara terpisah.

1. Unlock Bootloader

Android yang kamu gunakan sudah di unlock bootloader. Setelah melakukan Unlock Bootloader kamu bisa melakukan banyak hal, seperti melakukan ROOT, memasang kernel, termasuk install custom ROM.

2. Custom Recovery

Sudah terpasang custom Recovery seperti CWM (ClockWorkMod) atau TWRP (Team Win Recovery Project). TWRP dan CMW cara menggunakannya sama saja, menggunakan TWRP lebih mudah dan simpel.

Setiap custom ROM mungkin ada yang mengharuskan kamu untuk menginstall versi TWRP yang lain agar saat install custom ROM berjalan lancar, tidak mengalami eror "Update error signal 4".

3. Custom ROM

Berikut beberapa rekomendasi custom ROM Android yang cukup populer yang bisa kamu coba:

  1. Pixel Experience
  2. LineageOS
  3. Evolution X
  4. Corvus OS
  5. Revenge OS
  6. Havoc-OS
  7. Arrow OS
  8. Bliss ROM
  9. Project Sakura
  10. MSM Extended
  11. crDroid

Seperti yang telah dijelaskan di atas, agar tidak gagal dalam menginstal custom ROM, kamu bisa mengikuti grup Developer untuk custom ROM yang akan Anda gunakan. Biasanya mereka membuat grup di Telegram.

4. Wipe

Ada dua cara untuk melakukan wipe Data agar tidak terjadi bootloop saat install custom yaitu Clean Flash dan Dirty Flash, berikut penjelasannya:

Clean Flash : mengahapus semua file yang ada di sistem termasuk format ROM, mencetang semua pilihan Wipe kecuali Micro SD card atau OTG (tempat menyimpan file ROM .zip). Clean Flash biasanya sering digunakan untuk mengganti ROM lain.

Misalnya kamu dari menggunakan custom ROM Pixel Experience dan ingin mengganti custom ROM LineageOS maka kamu wajib Clean Flash agar tidak terjadi bootloop atau bentrok dengan ROM yang lama.

Dirty Flash : hanya mengahapus bagian cache dan dalvic saja jangan centang yang lain. Biasanya cara ini digunakan untuk mengupdate versi terbaru dari ROM yang sama.

Berikut cara Wipe data melalui TWRP:

  • Pilih menu Wipe
  • Lalu pilih Advance Wipe jika kamu ingin melakukan clean flash.
  • Centang semua pilihan Wipe Dalvik, cache, system, vendor, dan data kecuali micro sd card dan OTG.
  • Lalu kamu geser ke kanan pada pilihan Swpie to Wipe.
  • Jika kamu hanya ingin mengupdate versi terbaru dari ROM yang kamu gunakan langsung saja pilih Swipe to Factory Reset.

5. Backup

Melakukan backup sangat penting dilakukan untuk menghindari kegagalan saat menginstal custom ROM Android. Pembahasannya akan admin buat di artikel terpisah

Sampai tahap ini admin asumsikan kamu sudah memahami persiapan sebelum menginstal custom ROM Android.

Cara Install Custom ROM via TWRP

Kamu bisa install custom ROM Android tanpa menggunakan PC. Yang perlu diperhatikan saat melakukan Wipe Data. Sebagai contoh admin akan install custom ROM PixelPlusUI Android 12 menggunakan TWRP (Team Win Recovery Project).

Mengapa lebih milih TWRP? karena menggunakan TWRP lebih mudah dan simpel. Simak langkah-langkah berikut cara install custom ROM Android via TWRP:

  • Masuk menu Recovery TWRP di Android yang kamu gunakan.
  • Pilih Wipe.
  • Pilih Install.
  • Pilih Select Stroage.
  • Pilih Micro SD card atau pilih USB OTG jika menggunakan flashdisk.
  • Cari file ROM yang sudah kamu download format .zip.
  • Geser ke kanan pilihan Swipe to confirm Flash.
  • Jika sudah berhasil pilih Reboot system.

Tunggu hingga proses booting selesai biasanya agak lama juga untuk masuk ke homescreen sekitar 5 sampai 20 menitan.

Apabila lebih dari 20 menit masih stuck di logo berarti mengalmi bootloop, cara di atas ada yang kamu skip. Coba pahami kembali, jika masih kurang paham tanya di kolom komentar. Semoga bisa bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar