5 Cara Install Custom ROM Android Via TWRP - PnB Official
Blogger Jateng

5 Cara Install Custom ROM Android Via TWRP

Pnbtutor - Ingin flash atau install custom ROM android ?, sebelumnya pahami dahulu apa itu custom ROM. Custom ROM merupakan ROM atau firmware berbasis sistem operasi android yang sudah dimodifikasi dan kustomisasi oleh developer dengan tujuan memberikan perfoma lebih baik dari rom atau firmware bawaan pabrik.

Install custom ROM di hp android memiliki beberapa manfaat dan fitur tambahan yang tidak ada di ROM atau firmware bawaan android kamu. Seperti menghapus bloatware, pembaruan versi android lebih cepat, memaksimalkan perfoma dan kinerja baterai ponsel android kamu.

Persiapan Install Custom ROM

Sebelum menginstall custom ROM di smartphone android, ada beberapa syarat yang wajib kamu persiapkan. Untuk persiapan admin tidak akan menjelaskan secara detail karena setiap hp android memiliki cara yang berbeda. Nanti dibuatkan artikelnya secara terpisah.

#Unlock Bootloader

Pastikan android yang kamu gunakan sudah di unlock bootloader. Setelah di Unlock Bootloader kamu bisa melakukan banyak hal seperti ROOT, memasang kernel, termasuk install custom ROM.

#Custom Recovery

Sudah terpasang custom Recovery seperti CWM (ClockWorkMod) atau TWRP (Team Win Recovery Project). Pada pembahasan ini admin menggunakan TWRP, karena lebih mudah dan simpel.

Gunakan TWRP sesuai dengan custom ROM yang akan kalian install agar tidak mengalami erorr "Update error signal 4".

#Custom ROM

Berikut ini beberapa rekomendasi custom ROM Android yang cukup populer yang bisa gunakan:

  1. Pixel Experience
  2. LineageOS
  3. Evolution X
  4. Corvus OS
  5. Revenge OS
  6. Havoc-OS
  7. Arrow OS
  8. Bliss ROM
  9. Project Sakura
  10. MSM Extended
  11. crDroid

Agar tidak gagal saat instal custom ROM, kamu bisa mengikuti grup Developer dari custom ROM yang akan kamu gunakan. Biasanya mereka membuat grup di Telegram.

#Wipe

Ada dua cara Wipe Data agar tidak terjadi bootloop saat install custom yaitu Clean Flash dan Dirty Flash, berikut penjelasannya:

Clean Flash : mengahapus semua file yang ada di sistem termasuk format ROM, mencetang semua pilihan Wipe kecuali Micro SD card atau OTG (tempat menyimpan file ROM .zip). Clean Flash sering digunakan untuk mengganti ROM lain.

Misalnya kamu dari menggunakan custom ROM Pixel Experience dan ingin mengganti custom ROM LineageOS maka kamu wajib Clean Flash agar tidak terjadi bootloop atau bentrok dengan ROM yang lama.

Dirty Flash : hanya mengahapus bagian cache dan dalvic saja jangan centang yang lain. Biasanya cara ini digunakan untuk mengupdate versi terbaru dari ROM yang sama.

Berikut cara Wipe data melalui TWRP:

  • Pilih menu Wipe
  • Pilih Advance Wipe.
  • Jika kamu ingin melakukan clean flash. Centang semua pilihan Wipe Dalvik, cache, system, vendor, dan data kecuali micro sd card dan OTG.
  • Lalu geser ke kanan pada pilihan Swpie to Wipe.
  • Jika kamu ingin mengupdate versi terbaru dari ROM yang kamu gunakan langsung saja pilih Swipe to Factory Reset.

#Backup

Backup ROM sangat penting dilakukan untuk menghindari kegagalan saat menginstal custom ROM Android. Pembahasannya akan admin buat di artikel terpisah

Sampai tahap ini admin asumsikan kamu sudah memahami persiapan sebelum menginstal custom ROM Android.

Cara Install Custom ROM via TWRP

Kamu bisa install custom ROM Android tanpa menggunakan PC. Yang perlu diperhatikan saat melakukan Wipe Data. Sebagai contoh admin akan install custom ROM PixelPlusUI Android 12 menggunakan TWRP (Team Win Recovery Project).

Simak langkah berikut:

  • Masuk menu Recovery TWRP.
  • Pilih Wipe.
  • Pilih Install.
  • Pilih Select Stroage.
  • Pilih Micro SD card atau pilih USB OTG jika menggunakan flashdisk.
  • Cari file ROM yang sudah kamu download format .zip.
  • Geser ke kanan pilihan Swipe to confirm Flash.
  • Jika sudah berhasil pilih Reboot system.

Tunggu proses booting selesai. Biasanya butuh waktu yang cukup lama masuk ke homescreen, sekitar 5 sampai 20 menit.

Apabila lebih dari 20 menit masih stuck di logo berarti mengalami bootloop, cara di atas ada yang kamu skip. Coba pahami kembali, jika masih kurang paham tanya di kolom komentar.

Semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Cara Install Custom ROM Android Via TWRP"