Cara Menambahkan WiFi Manual di HP (Android dan iPhone) - PnB Official
Blogger Jateng

Cara Menambahkan WiFi Manual di HP (Android dan iPhone)

Pnbtutor.id - Menambahkan jaringan Wifi manual di hp bukalah hal yang sulit untuk dilakukan, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan agar dapat terhubung dengan jaringan.

Jaringan WiFi yang dihubungkan secara manual biasanya pemilik Wifi IndiHome mengaktifkan pilihan Hide SSID pada pengaturan WiFi. Agar bisa terhubung, pengguna perlu memasukan beberapa informasi yang dibutuhkan.

Seperti nama WiFi, jenis keamanan dan password WiFi. Informasi tersebut harus kalian isi dengan benar sesuai dengan pengaturan SSID dibuat. Seperti ada huruf kapital pada nama WiFi, begitu juga dengan password WiFi.

Karena sifatnya tersembunyi, ada sedikit perbedaan pada pengaturan jaringan Wifi di beberapa merek hp. Seperti mengaktifkan jaringan tersamar atau tersembunyi. Tapi jangan khawatir, walaupun pilihan tersebut tidak ada di hp Android maupun iPhone kalian.

Cukup tambahkan saja nama WiFi, jenis keamanan dan password WiFi. Sebaliknya, apabila di hp kalian terdapat pengaturan tersebut, maka harus diaktifkan. Tanpa mengaktifkan pengaturan jaringan tersembunyi, WiFi tidak dapat terhubung.

Cara Menambahkan WiFi Manual di Android

Pada langkah ini admin akan menambahkan Wifi secara manual menggunakan hp Android Samsung. Merek ponsel lain disesuaikan saja. Karena setiap hp letak menu pengaturan WiFi berbeda.

Simak langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan WiFi di hp Android kalian.
  2. Pilih Tambah Jaringan.
  3. Nama Jaringan: isi dengan nama WiFi.
  4. Pengaman: ubah menjadi WPA/WPA2-Personal.
  5. Kata Sandi: isi dengan password WiFi.
  6. Jaringan Tersamar: pilih aktifkan
  7. Lalu pilih Simpan.
Pengaturan Wifi Tambah Jaringan Simpan

Cara Menambahkan WiFi Manual di iPhone

Saat menambahkan Wifi manual di iPhone tidak ada pilihan jaringan tersembunyi, jadi kalian cukup tambahkan saja informasi nama WiFi, keamanan dan kata sandi.

Simak langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan WiFi di hp iPhone
  2. Pilih Lainnya.
  3. Nama: isi dengan nama WiFi.
  4. Keamanan: ubah menjadi WPA2/WPA3.
  5. Kata Sandi: isi dengan password WiFi.
  6. Terakhir pilih Gabung.
Lainnya wpa2/wpa3 Gabung

Jaringan Wifi yang sudah kalian tambahkan akan terhubung secara otomatis dan kalian sudah bisa melakukan browsing dan buka aplikasi yang harus terhubung dengan internet.

Seperti yang sudah admin jelaskan sebelumnya, saat memasukan informasi nama dan password Wifi pastikan sudah sama sesuai dengan SSID yang dibuat.

Sedangkan untuk jaringan Wifi yang tidak memiliki keamanan tapi tersembunyi, kalian juga perlu menambahkan secara manual. Caranya cukup dengan memasukan nama Wifi lalu hubungkan.

Sedikit tambahan apabila pernah terhubung dengan password Wifi yang lama, kamu perlu lupakan jaringan terlebih dahulu lalu tambahkan dengan password Wifi yang baru.

Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Menambahkan WiFi Manual di HP (Android dan iPhone)"