Cara Menulis Arab di HP Android Tanpa Aplikasi (+ Harakat) - PnB Official
Blogger Jateng

Cara Menulis Arab di HP Android Tanpa Aplikasi (+ Harakat)

Pnbtutor.id - Menulis Arab di laptop sudah biasa dilakukan. Apakah bisa menulis bahasa Arab di HP Android? Ya tentu saja bisa, kamu bisa dengan mudah menulis Arab di HP Android tanpa aplikasi apapun.

Jika kamu pengguna hp Samsung, menulis Arab tidak perlu lagi menginstal aplikasi tambahan. Karena sudah ada Samsung Keyboard yang bisa menambahkan beberapa bahasa di keyboard termasuk bahasa Arab.

Sedangkan bagi pengguna hp OPPO, VIVO, Xiaomi dan merek ponsel lainnya, biasanya menggunakan aplikasi Gboard (Google Keyboard) buatan Google.

Fitur dari kedua keyboard tersebut cukup lengkap bagi kamu yang ingin belajar menulis arab di hp Android. Karena sudah dilengkap dengan harakat termasuk angka arab.

Walaupun harakatnya belum lengkap, tidak ada salahnya untuk belajar menulis arab gundul terlebih dahulu.

Cara Menambahkan Bahasa Arab Pada Keyboard

Sebelum menulis bahasa Arab di hp android, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menambahkan bahasa tulisan di keyboard menjadi bahasa Arab. Bukan bahasa sistem hp.

Setelah menambahkan Bahasa Arab di keyboard, maka kamu sudah bisa mengetik tulisan Arab di semua tempat yang bisa mengetik seperti WA, Instagram, Facebook atau di catatan.

Seperti yang sudah admin jelaskan sebelumnya, setiap hp Android menggunakan keyboard yang berbeda. Seperti pada hp Samsung menggunakan aplikasi keyboard buatan Samsung. Ada juga yang menggunakan Gboard (Google Keyboard).

#Gboard (Google Keyboard)

Agar lebih cepat membuka pengaturan keyboard, buka aplikasi catatan atau aplikasi apa saja yang bisa buat ngetik. Pastikan keyboard muncul di layar hp.

  • Pilih ikon Pengaturan.
  • Pilih Bahasa.
  • Pilih Tambahkan Keyboard.
  • Scroll ke bawah cari pilihan Bahasa Arab.
  • Pilih Arab (Arab Saudi).
  • Terdapat 2 pilihan Arab atau Arab 2 silakan kamu pilih salah satu atau pilih keduanya.
  • Selanjutnya pilih Selesai.
  • Bahasa Arab yang kamu tambahkan sudah bisa kamu gunakan.

Agar bisa menulis Arab di WA maupun di tempat yang bisa buat mengetik. Silakan kamu sentuh dan tahan Spasi beberapa detik lalu ubah ID.EN ke Bahasa Arab.

#Keyboard Samsung

Bagi yang menggunakan keyboard Samsung, caranya sama seperti kamu menambahkan bahasa Arab pada Google Keyboard. Pastikan keyboard sudah muncul di layar.

Simak langkah berikut:

  • Pilih ikon Pengaturan.
  • Pilih Bahasa dan tipe.
  • Pilih Kelola bahasa input.
  • Selanjutnya pilih bahasa Arab.
  • Karena bahasa Arab di hp yang admin gunakan sudah ditambahkan.
  • Pilih ikon Download. Tunggu proses download selesai.
  • Jika sudah selesai, maka bahasa Arab yang kamu tambahkan sudah muncul di daftar yang di unduh.

Agar keyboard yang kamu gunakan bisa menjadi huruf Arab, silakan kamu sentuh ikon🌐secara otomatis akan berubah menjadi huruf Arab.

Untuk menambahkan harakat kamu sentuh dan tahan huruf titik beberapa detik maka akan muncul beberapa harakat yang bisa kamu gunakan.

Jika huruf harakatnya kurang lengkap, kamu bisa download keyboard khusus tulisan Arab di playstore.

Penutup

Saat menulis Arab di Word kita perlu mengubah posisi tulisan agar tidak terbalik. Beda dengan cara menulis Arab di hp Android, kita tidak perlu mengubah pengaturan apapun. Secara otomatis akan berpindah ke sebelah kanan.

Jadi pada inti pembahasan ini, agar hp android yang digunakan bisa menulis berbagai macam bahasa seluruh dunia kita perlu menambahkan bahasa keyboard terlebih dahulu.

Untuk cara penulisannya dan menambahkan harakat, silakan kamu cari referensi lain sudah banyak yang membagikannya di internet. Karena admin bukan ahlinya, salah satu huruf bisa beda artinya. Selamat mencoba

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Arab di HP Android Tanpa Aplikasi (+ Harakat)"