Skip to main content

follow us

Cara Split Screen Semua Aplikasi Android - Tanpa Install Aplikasi Tambahan

Pnbtutor - Split Screen merupakan fitur yang bisa menampilkan dua jendela aplikasi sekaligus dalam satu layar monitor HP. Dengan membuat layar terpisah di HP Android bisa memudahkan kamu untuk membuka aplikasi secara bersamaan.

Membuat layar terpisah cocok banget buat kamu yang suka nonton film YouTube sambil chatan via WhatsApp dengan teman tanpa harus keluar dari aplikasi YouTube, tidak menggangu saat kamu sedang menonton film.

Akan tetapi tidak semua Aplikasi android mendukung layar terpisah atau Split Screen, contohnya seperti aplikasi TikTok.

Di sini saya membuat layar terpisah atau Split Screen tanpa install aplikasi tambahan, supaya tidak memenuhi memori HP kalian.

Cara Membuat Layar Terpisah Semua Aplikasi Android

Agar semua aplikasi Android mendukung layar terpisah atau Split Screen, di sini saya akan melakukan beberapa pengaturan pada HP Android tanpa harus menginstall Aplikasi tambahan.

Dengan memanfaatkan fitur tersembunyi yang ada di HP Android kamu bisa membuat layar terpisah pada aplikasi yang belum mendukung untuk di split screen. Yaitu dengan cara mengaktifkan Opsi Pengembang.

Baiklah kita langsung saja ke tutorial cara membuat layar terpisah di semua aplikasi Android.

Langkah Pertama

Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu mengaktifkan Opsi Pengembang di HP Android. Sebelumnya saya sudah pernah bahas di artikel sebelumnya. Sobat bisa baca artikelnya di bawah ini :

Didalam Opsi Pengembang banyak sekali fitur tambahan yang bisa kamu gunakan, salah satunya yaitu membuat layar terpisah semua aplikasi Android.

Langkah Kedua

Setelah berhasil mengaktifkan Opsi Pengembang di Android, selanjutnya scroll ke bawah cari pilihan Multi Windows untuk semua aplikasi, lalu kamu aktifkan.

Dengan begitu kamu sudah berhasil untuk membuat aplikasi agar mendukung untuk di Split Screen. Coba buka aplikasi TikTok yang sebelumnya tidak bisa untuk di Split Screen secara bersamaan dengan aplikasi lain.

Langkah Ketiga

Setiap HP Android mungkin memiliki cara yang berbeda untuk Split Screen aplikasi Android secara bersmaan. Di sini saya menggunakan HP Samsung A52, caranya seperti ini :

  1. Geser navigasi ke atas (Jika kamu menggunakan Gestur Usap), (Jika menggunakan Navigasi Tombol) sentuh garis tiga.
  2. Lalu pilih aplikasi yang akan di buat layar terpisah.
  3. Sentuh ikon aplikasi, lalu pilih Buka dalam tampilan layar pisah.
  4. Selanjutnya pilih salah satu aplikasi lagi untuk membuka secara bersamaan.

Jika masih bingung cara Split Screen aplikasi Android secara bersamaan, simak video di bawah ini.

Jika pilihan Multi Windows untuk semua aplikasi tidak ada di Opsi Pengembang, coba lakukan update firmware ke versi terbaru Android kamu.

Karena saya menggunakan Samsung A52 Android 12 One UI 4.1 sudah terdapat fitur tersebut. Kalau masih tetap tidak ada setelah melakukan pembaruan, terpaksa kamu harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa di download dari Playstore.

Sekian pembahasan kali ini, jika masih kurang paham silakan tanyakan di kolom komentar sesuai dengan topik pembahasan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar