2 Cara Mengetahui IP Address Komputer (Semua Windows) - PnB Official
Blogger Jateng

2 Cara Mengetahui IP Address Komputer (Semua Windows)

Pnbtutor.id - IP address biasanya digunakan untuk mengidentifikasi komputer yang terhubung ke suatu jaringan. IP address dapat diperoleh secara otomatis dari router atau secara manual melalui konfigurasi yang kita lakukan.

Hampir semua hal yang berhubungan dengan jaringan di komputer pasti membutuhkan IP Address. Seperti menjalankan aplikasi yang menggunakan jaringan, memberikan akses ke komputer melalui jaringan atau blokir pengguna Wifi IndiHome.

Terdapat 2 cara mengetahui IP address komputer. Cara ini bisa kalian praktekan disemua Windows. Baik itu yang menggunakan Windows 7/8/10 maupun Windows 11.

#Command Prompt (CMD)

Command Prompt atau biasa disebut dengan CMD memiliki fungsi untuk melakukan berbagai perintah pada system operasi Windows, termasuk mengetahui IP Address komputer.

  1. Tekan tombol Windows + R di keyboard.
  2. Lalu ketik cmd kemudian tekan Enter.
  3. Setelah itu ketik perintah ipconfig lalu tekan Enter lagi.
  4. IP address komputer bisa kalian lihat dibagian IPv4 Address.

Cara Mengetahui IP Address Komputer Via CMD

#Control Panel

Control Panel memiliki fungsi untuk memudahkan penggunanya dalam mengakses dan melakukan pengaturan khusus pada sistem operasi Windows. Salah satunya mengetahui IP address komputer.

  1. Buka Control Panel.
  2. Lalu pilih Network and Internet.
  3. Kemudian pilih Network and Sharing Center.
  4. Klik nama Wifi yang terhubung di komputer kalian.
  5. Setelah itu pilih Details.
  6. IP Address komputer bisa kalian dibagian IPv4 Address.

Cara Mengetahui IP Address Komputer Via Control Panel

Fungsi IP address sendiri adalah sebagai alamat setiap perangkat yang terhubung ke jaringan. Terkadang untuk keperluan tertentu terutama jika komputer kita terhubung dengan suatu jaringan, pasti kita membutuhkan informasi mengenai IP address yang digunakan oleh komputer tersebut.

Ketika komputer tidak terhubung dengan koneksi internet, hanya memiliki IP privat. Sedangkan jika komputer kalian terkoneksi dengan internet, memiliki 2 jenis IP sekaligus yaitu IP lokal (IP private) dan IP publik.

IP Private adalah IP yang digunakan pada jaringan lokal saja. Sedangkan IP publik adalah untuk menghubungkan perangkat seperti server atau router ke internet.

Posting Komentar untuk "2 Cara Mengetahui IP Address Komputer (Semua Windows)"