Skip to main content

follow us

Tutorial Membuat Multi SSID WiFi IndiHome ZTE F609

Pnbtutor - SSID (Service Set Identifier) merupakan nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan WiFi atau sederhananya SSID adalah nama WiFi. Pada modem ZTE F609 kamu bisa membuat 2 SSID dalam 1 Router maksimal bisa membuat 4 SSID yang berbeda.

Ketika dalam satu SSID sudah menampung maksimal 32 pengguna, kamu bisa membuat beberapa SSID lagi agar perangkat lain bisa tehubung artinya dalam satu router bisa menampung banyak user. Dengan begitu kamu bisa membedakan SSID atau nama WiFi pribadi dan untuk prangkat lain.

Cara Membuat Multi SSID ZTE F609

Pada Router ZTE F609 kamu bisa membuat multi SSID lebih dari 1, maximal 4 SSID tanpa harus menambah router baru. Caranya sangat mudah bisa dilakukan melalui HP atau komputer. Simak langkah - langkah berikut:

Langkah Pertama

Buka browser Google Chrome, lalu ketik IP Router ZTE F609 yaitu 192.168.1.1 di address bar.

Langkah Kedua

Setelah itu kamu masukan username dan password login modem ZTE F609. Jika belum pernah diganti username : user / admin dan password : user / admin selanjutnya kamu pilih Login.

Langkah Ketiga

Setelah berhasil masuk ke halaman pengaturan modem terdapat beberapa pilihan, kamu pilih menu Network > SSID Settings. Di samping sebelah kanan kamu akan melihat beberapa pengaturan, berikut penjelasannya :

  1. Choose SSID : Secara default akan muncul SSID1. Untuk membuat beberapa SSID atau nama WiFi kamu ubah ke SSID2, SSID3 atau SSID4.
  2. Hide SSID : Untuk menyembunyikan SSID di perangkat HP dan Komputer. Jika kamu centang, saat ingin terhubung dengan SSID yang dibuat, kamu harus menambahkan jaringan secara manual. Baca selengkapnya di sini.
  3. Enable SSID : Fitur ini bisa kamu centang untuk mengamankan jaringan dari pengguna yang ingin mencoba bobol WiFi kamu. Cukup biarkan saja, jika kamu centang, untuk masuk pengaturan modem kamu harus menggunakan kabel LAN dari komputer. Kamu bisa blokir pengguna WiFi IndiHome ZTE F609 dengan cara ini, baca selengkapnya di bawah ini.
  4. Maximum Client : Berfungsi untuk membatasi pengguna WiFi, maksimal 32 pengguna setiap 1 SSID yang dibuat. Disesuaikan saja berapa perangkat yang bisa terhubung dengan setiap SSID yang dibuat.
  5. SSID Name : Nama WiFi yang muncul di perangkat HP atau Komputer. Kamu ubah sesuai dengan nama yang diinginkan maksimal 32 karakter. Kamu bisa baca pembahasannya di artikel ini.
  6. Priority : Defaultnya yang muncul angka 0 jika di klik maka akan muncul angka 0-7. Angka tersebut merupakan priority dari WMM (Wi-Fi Multimedia) yang dibagi menjadi empat kategori BE, BK, VI dan VO. untuk sementara cukup dibiarkan saja 0, nanti saya lanjut pada pembahsan berikutnya. Kalau dibahas di artikel ini akan terlalu panjang.

Langkah Keempat

Langkah terakhir, jika semuanya sudah kamu sesuaikan pengaturan di atas selanjutnya kamu pilih Submit. Sampai tahap ini kamu sudah berhasil membuat multi SSID WiFi IndiHome ZTE F609.

Lalu bagaimana dengan passwordnya? Untuk passwordnya masih default dari IndiHome. Kamu bisa mengganti passwordnya sesuai dengan keinginan. Usahakan buat password yang baru dengan huruf, angka dan simbol agar tidak mudah di bobol.

Jangan menggunakan password WiFi dengan tanggal lahir kamu atau nama kamu sendiri, karena kebanyakan mudah di bobol. Selangkapnya bisa kamu baca di artikel ini.

Sampai di sini dulu pembahasan kita kali ini, semoga apa yang dicari bisa bermanfaat. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, silakan komentar di kolom yang tersedia. Selamat mencoba.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar