Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Samsung A52 dan Fungsinya - PnB Official
Blogger Jateng

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Samsung A52 dan Fungsinya

Pnbtutor - Yang suka ngoprek Android, Opsi Pengebang atau Developer Options mungkin sudah tidak asing lagi. Di mana opsi pengembang ini terdapat pengaturan tersembunyi pada ponsel Android yang kamu gunakan.

Di saat opsi pengembang ini diaktifkan, kamu bisa melakukan debbuging dan pengembangan aplikasi.

Bukan hanya Samsung A52 saja yang memiliki opsi pengembang atau developer options, semua Smartphone Android seperti ASUS, OPPO, VIVO, Lenovo, Xiaomi, Realme, dan merek ponsel lainnya juga terdapat fitur Developer Options.

Fitur Opsi Pengembang

Sebelum membahas cara mengaktfikan Opsi Pengembang di Samsung A52 berikut beberapa fitur tersembunyi yang ada pada Opsi Pengembang.

1. Tetap terjaga

Setelah mengaktifkan pengaturan ini, saat ponsel sedang mengisi daya, layar HP Samsung A52 kamu tidak akan redup atau menyala terus. Cocok banget buat kamu yang suka nonton video YouTube berlama-lama sambil ngecharge hp.

2. USB Debugging

Fitur yang satu ini berfungsi untuk memberikan otoritas ponsel kamu ke komputer atau laptop yang dihubungkan dengan kabel USB.

Biasanya fitur ini digunakan developer untuk mencoba aplikasi buatan mereka, selain itu bisa juga kamu gunakan untuk flash ulang Android.

3. Paksa 4x MSAA

Buat kamu yang suka bermain game, fitur yang satu ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas grafis berbasis OpenGL ES 2.0 dengan grafis yang lebih halus dan mengurangi lag saat bermain game.

Setelah mengaktifkan fitur ini akan sedikit membuat baterai ponsel lebih boros.

4. Multi Windows untuk semua Aplikasi

Opsi yang satu ini sangat menarik, kamu bisa membuka paksa aplikasi secara multitasking atau Split Screen.

Setelah mengaktifkan fitur ini di opsi pengembang, kamu tidak perlu lagi mendownload aplikasi pihak ketiga untuk melakukan multitasking pada ponsel.

Karena pada opsi pengembang sudah tersedia, tanpa harus root Android kamu.

Sebagai contoh seperti membuka aplikasi TikTok dan YouTube secara bersamaan. Sebelum di aktfikan fitur ini aplikasi TikTok tidak bisa di buka secara split screen.

5. GPUWatch

Setelah pembaruan terakhir Samsung A52 Android 12 One UI 4.0 terdapat fitur baru pada opsi pengembang yaitu GPUWatch.

Di mana fitur ini berfungsi untuk monitoring keadaan dari CPU dan GPU dari segi perfoma.

Setelah mengaktifkan fitur ini kamu akan muncul informasi refresh rate di layar ponsel kamu. Waluapun di aktifkan fitur ini tidak akan menggangu aktivitas kamu saat membuka game dan aplikasi lainnya.

6. Lebar minimum

Fitur yang terakhir yang akan saya bahas yaitu lebar minimum. Fitur ini berfungsi untuk mengatur lebar dari layar ponsel kamu. Bisa di buat seperti saat kita menggunakan tablet. Biasanya fitur ini hanya saya pakai saat ingin bermain game Clash of Clans.

Jadi saya atur lebar menimunnya di HP Samsung A52 menjadi 630, setelah di atur masuk ke pengaturan Game Clash of Clans. Ubah pada bagian pengaturan "Ukuran bilah pengerahan" lalu aktifkan gunakan dua baris menjadi "Ya".

Setelah di aktfikan pengaturan tersebut maka posisi pasukan akan seperti kamu bermain game di Tablet menjadi dua baris. Nah yang suka bermain game Clash of Clans bisa coba fitur yang satu ini. Jika kurang nyaman setelah bermain game, kamu atur ulang lagi seperti semula menjadi 411 di HP Samsung A52.

Untuk fitur lainnya bisa kamu coba sendiri satu persatu, jika belum tahu fungsi dan kegunaannya, kamu bisa cari referensi di Google terlebih dahulu agar tidak salah mengaktifkan fitur yang ada di Opsi Pengembang di HP Android kamu.

Selanjutnya, jika kamu sudah tahu beberapa fungsi dari fitur Opsi Pengembang di atas. Sekarang kita lanjut ke cara mengaktifkan Opsi Pengembang pada HP Samsung A52.

Cara Mengaktifkan Developer Options Samsung A52

Fitur opsi pengembang atau developer options pada semua Smartphone letaknya tersembunyi, jadi kamu harus mengaktifkannya melalui menu pengaturan pada ponsel kamu.

Untuk tipe Samsung lainya, cara mengaktifkan opsi pengembang mungkin sama saja. Kamu bisa coba ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih Tentang Ponsel
  • Pilih Informasi perangkat lunak
  • Tap tujuh kali pada pilihan Nomor versi
  • Masukuan kata sandi atau pola HP Samsung A52 kamu jika di aktfikan.

Simak video tutorial berikut ini cara mengaktifkan opsi pengembang hp Samsung A52

Maka secara otomatis Opsi Pengembang atau Developer Options akan muncul di menu pengaturan letaknya di bagian bawah, sebelumnya kamu kembali dulu ke halaman pertama pada menu pengaturan.

Setelah berhasil mengaktifkan fitur Developer Options, kamu sudah bisa mencoba beberapa fitur tersembunyi yang ada pada opsi pengembang di Android.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Samsung A52 dan Fungsinya"